Home / KIM KOTA MALANG / SOSIALISASI TEKNOLOGI DIGITAL MENUJU PENYIARAN BERKUALITAS

SOSIALISASI TEKNOLOGI DIGITAL MENUJU PENYIARAN BERKUALITAS

sosialisasiKamis (19 Maret 2015), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang mengadakan kegiatan sosialisasi tentang teknologi digital menuju lembaga penyiaran berkualitas dengan mengangkat tema “Standart Minimal Peralatan Teknologi Digital Bagi TV dan Radio”. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Majapahit dan dihadiri oleh lembaga penyiaran televisi, radio swasta, radio komunitas, KIM Kota Malang serta perwakilan dari Seni Pertunjukan Rakyat (Pertura) yang akan tampil pada festival antar Kecamatan mendatang.

Kegiatan sosialisasi ini selain bertujuan untuk mengenal teknologi digital juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi antar lembaga penyiaran yang ada di Kota Malang.

Selain itu kegiatan sosialisasi ini juga dibuat berbeda dengan acara biasanya sebab MC maupun Moderator kegiatan langsung diambil dari lembaga penyiaran sehingga sosialisasi pun menjadi lebih hidup. Para pelaku peyiaran yang menjadi petugas dalam kegiatan sosialisaasi tersebut antara lain Maulidya Khasanah dari Radio Andalus yang bertindak menjadi Dirijen, Hino kertapati dari Gajayana TV yang bertindak menjadi MC dan Djoko Winahyu yang dikenal sebagai penyiar handal dari KDS 8 bertindak sebagai Moderator.

Kegiatan sosialisasi yang menhadirkan narasumber dari Surabaya tersebut dibuka dengan sambutan langsung oleh Drs. Farid Wahyudi yang merupakan Sekretaris Dinas (Sekdin). Beliau menjelaskan bahwa di era informasi saat ini, media sebagai alat penyebarluasan informasi hendaknya menjadi perekat, sehingga persiapan menuju era digitalisasi dapat mempermudah masyarakat dalam menggali informasi sesuai dengan kebutuhannya.

Kepala Bidang (Kabid) SKDI, Ir.H. Bambang Nugroho.ST.MT. dengan antusias menyampaikan bahwa urutan pembinaan pada media informasi, baik radio maupun televisi, bertujuan agar banyaknya informasi dari berbagai sumber dapat disebarluaskan secara merata melalui makin banyaknya lembaga penyiaran dan KIM yang sudah memahami. Baik aturan pelaksanaan, hukum yang berlaku serta sisi negatif dari penyelenggaraan radio maupun televisi.

Narasumber dalam kegiatan ini didatangkan langsung dari Balai Monitoring Spektrum Radio Kelas II Surabaya yang tidak asing lagi namanya di Kota Malang yaitu Syamsul Huda, ST, M.MT. Setelah Bapak Syamsul menyelesaikan pemaparan materi, dilanjutkan sesi tanya jawab dari peserta yang di tanggapi langsung oleh Bapak Samsul yang dijawab dengan lugas dan mengena meskipun acara ini berlangsung dengan suasana santai. Setelah sesi tanya jawab selesai acara ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Hino Kertapati.

Leave a Reply