Home / KIM KOTA MALANG / PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN FORUM KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (FORUM KIM)

PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN FORUM KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (FORUM KIM)

Jum’at (12/06/2015), Dinas KOMINFO Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Kota Malang Selaku Penasehat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Malang mengundang Pengurus dan Anggota Forum KIM serta 15 Ketua KIM yang ada di Kota Malang. Pertemuan dalam kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Forum Kelompok Informasi Masyarakat (Forum KIM) tersebut digelar di ruang rapat Media Center “Kendedes”. Dalam acara rapat ini dipimpin langsung oleh Ir.H. Bambang Nugroho, M.T.selaku pembina KIM Kota Malang.

Acara tersebut dimulai dengan pengenalan Anggota Forum serta Ketua/anggota KIM yang mewakili rapatsebab terdapat beberapaanggota KIM baru belum begitu kenal dengan anggota KIM yang lama, begitu juga sebaliknya.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi atas kinerja Forum KIM Kota Malang selama kurang lebih 1,5 tahun berjalan. Selain itu, pertemuan tersebut juga sebagai sarana penyambung tali silaturohmi antar KIM sehingga masing-masing pengurus KIM tidak canggung untuk sharing mengenai permasalahan yang ada di masing-masing KIM.

Setelah itu acara dilajutkan dengan sambutan dari pembina KIM dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Drs. Djaelani, M.Pd selaku selain sebagai Sekretaris KIM Bijak, juga sebagai Kepala Bidang Penyebaran Informasi pada Kepengurusan Forum KIM. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan bahwa kunci dalam suatu organisasi adalah harus senang dulu. Setelah menyenangi organisasi itu baru bisa berkembang seperti yang diinginkan. Baliau juga mengharapkan agar pembina KIM“Kabid SKDI” dapat menghidupkan kembali Forum KIM yang dinilai tengahdalam kondisi matisuri.

1

Situasi Rapat Forum KIM dan Ketua KIM

Pemaparan selanjutnya dilakukan oleh Dra. Yohana Hery T.R selaku Anggota Forum KIM dan Wakil Ketua KIM Lestari. Beliau mengungkapan bahwa pihaknya “nurut” atau setuju untuk mengikuti aturan yang ada pada KIM.

Disambung oleh Aryo Rachmono BS, selaku Ketua KIM Bijak yang merangkap sebagai Sekretaris 1 Forum KIM. Beliau menjelaskan tentang fungsi dari Forum KIM yang dibentuk untuk mensinergikan KIM yang ada di Kota Malang yang pada saat itu masih ada 10 KIM dan juga untuk membantu KIM tentang standardisasi administrasi.

Dengan adanya Standardisasi Administrasi , diharapkan nantinya setiap KIM yang ada di Kota Malang memiliki standar yang sama. Selanjutnya juga adanya penambahan fasilitas untuk penunjang kinerja KIM.

Dari beberapa masukkan yang telah disampaikan oleh para pengurus dan anggota Forum KIM tersebut, pembina KIM merespon baik semua masukan yang sifatnya membangun dan menambah kosolidan antar KIM yang ada di kota Malang.

Standardisasi untuk KIM akan segera direalisasikan dan administrasi pun akan disetarakan. Dinas Kominfo juga akan terus berusaha untuk memfasilitasi kebutuhan dari KIM. Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga disepakati bahwa setiap bulan akan digerlar pertemuan oleh masing-masing KIM dimana dalam pertemuan tersebut setiap KIM dapat sharing ataupun belajar dengan anggota KIM yang lain.

2

Foto Bersama di Depan Ruangan SKDI

Leave a Reply