Home / KIM KOTA MALANG / SARASEHAN FORUM KIM DALAM PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK

SARASEHAN FORUM KIM DALAM PENGELOLAAN KOMUNIKASI PUBLIK

  IMG_9657Senin ( 7 September 2015), bertempat di Ruang Pertembuan Gedung B Perkantoran Terpadu Kota Malang, Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang, menggelar kegiatan sarasehan Forum KIM mengenai Peran Forum KIM Dalam Pengelolaan Komunikasi Publik.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengurus Forum KIM serta perwakilan dari 15 KIM yang ada di Kota Malang. Kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Forum KIM tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bidang SKDI sekaligus Pembina KIM Kota Malang, Ir. H. Bambang Nugroho, MT.

Nara sumber dalam kegiatan ini datang dari Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur yakni Ibu Ambarwati dan Ketua dari Forum KIM yakni Bapak Sugeng.

IMG_9563Sebagai pembicara pertama, Ibu Ambarwati menjelaskan bahwa KIM merupakan Kelompok yang memiliki karakteristik media yang khas dan jaringan eksternal yang kuat. Oleh karena itu, teknologi komunikasi dan informatika sangat dibutuhkan dalam kemajuan KIM. Sedangkan peran KIM dalam Pengelolaan Komunikasi Publik dilatar belakangi dengan terbitnya INPRES No. 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Publik, pentingnya media informasi yang independen untuk mengimbangi agenda media, dan dibutuhkannya partisipasi aktif masyarakat.

Sedangkan Bapak Sugeng dalam kesempatan tersebut menjelaskan mengenai peran Forum KIM dalam menjembatani hubungan antara Anggota KIM dengan Pemerintahan dan sebaliknya. Selain itu, dalam Sarasehan kali ini juga dilakukan pembentukan 5 Bidang dalam Forum KIM yang beranggotakan perwakilan setiap KIM di Kota Malang.

IMG_9636

Diskusi Program Kerja Setiap Bidang Forum KIM

Dari Musyawarah yang telah dilaksanakan, akhinya dihasilkan pembentukan 5 Bidang tersebut diantaranya adalah :

  1. Bidang Pengumpulan Informasi di ketuai oleh Ibu Pantjawati. Y (KIM Tlogomas) dan beranggotakan Lailatul (KIM Cendrawasih), Nurianto (KIM Kartika), Dedi Pratomo (KIM Parseh jaya), Sardjupri (KIM Purwoagung), Mindarto (KIM Manunggal), B. Atik (KIM Anugerah) dan Antok (KIM Bijak)
  2. Bidang Pengelolaan Informasi di ketuai oleh Endra dan beranggotakan Tutut (KIM Bijak), Faizal (KIM Purwoagung), M. Zaini (KIM Tlogomas), P. Muji (KIM Obama), P. Haris (KIM Kanuruhan), P.Hamzah (KIM Samaan)
  3. Bidang Penyebaran Informasi di ketuai oleh Moch Jaelani (KIM Bijak) dan beranggotakan Nency (KIM Bijak), Rolex (KIM Tlogomas), P. Eko (KIM Manunggal), Giono (KIM Kendang Arema), Viki (KIM Kartika), Yudi (KIM Purwoagung)
  4. Bidang UKM beranggotakan Hikmatul (KIM Purwoagung), Vita (KIM Kartika), Tata (KIM Anugerah, Solikhin (KIM Obama), Tantri (KIM Kendang Arema), Aris (KIM Manunggal) dan Hari S (KIM Samaan)
  5. Bidang Pembinaan KIM beranggotakan Aron Sukmantanto (KIM Tlogomas), Hendra (KIM Anugerah), Fatimah (KIM Kendang Arema), Tewe (KIM Obama), Ve (KIM Parseh Jaya) dan P. Bambang (KIM Samaan).
    IMG_9603

    Pengurus Forum KIM

Leave a Reply