Menimba Ilmu ke Surabaya, Studi Tiru KIM Kota Malang

Malang (4/4/2019) KIM Kota Malang melakukan kunjungan studi tiru ke Surabaya dalam rangka menggali ilmu dalam peranan serta pengembangan potensi wilayah pada KIM.

Kunjungan pertama dimulai menuju Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Sambutan hangat ditunjukan oleh Ibu Sri Puri Surjandari, selaku Kepala Bidang Informasi Dan Komunikasi Publik yang dalam hal ini merupakan bidang yang menangani Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Dalam materinya, Ibu Sri Puri Surjandari menjelaskan mengenai susunan organisasi di DISKOMINFO kota surabaya beserta tugas-tugas setiap bidang. Dalam rangka pembinaan KIM, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya melakukan rangkaian pelatihan sepeti pembuatan film, menulis, fotografi, serta beberpa lomba seperti lomba blog, vlog dan KIM award. “KIM selaku ujung tombak yang sangat dibutuhkan oleh pemerintahan”, ujar beliau.

DISKOMINFO memfasilitasi kebutuhan KIM dalam melakukan pelatihan, selain itu perlu dibutuhkan SDM yang memadai. Sebagai jembatan informasi, DISKOMINFO juga mengundang beberapa OPD untuk menyampaikan informasi yang akan disebarkan langsung kepada KIM dan disebarluaskan ke masyarakat.

Kunjungan kedua yakni ke KIM Bahari, Sukolilo Kota Surabaya. Keinginan kuat yang dimiliki oleh KIM Bahari dalam memajukan Kota Surabaya khususnya Daerah Sukolilo Kenjeran yang sebelumnya dipandang sebelah mata oleh khalayak, kini menjadi objek yang indah dan ramah sehingga orang baik di dalam negeri maupun luar negeri pun akan faham dan tertarik dengan potensi yang dimiliki Sukolilo.

Usaha yang dilakukan dalam penyebaran informasi melalui media sosial seperti Facebook dengan nama Pesona Surabaya yang telah memiliki 29rb follower serta website yang telah membuahkan hasil. Diantaranya bantuan 100jt dari Dinas Provinsi Bali untuk bank sampah yang ada di KIM Bahari serta banyak lainnya.

Dari segi keunggulan, KIM yang ada si Surabaya selalu konsisten dalam memberitakan seluruh kegiatan baik kegiatan kemasyarakatan maupun kegiatan pemerintah kota. Dengan hal tersebut, keunggulan yang dimiliki Kota Surabaya semakin di kenal oleh khalayak luas.

Tinggalkan Balasan