Home / Kwikku

Kwikku

Gambar Kwikku

Tampilan KWIKKU

Pengguna internet Indonesia sangat gandrung akan social media. Sayangnya, saat ini Indonesia didominasi oleh jejaring sosial asing. Bahkan berdasarkan data APJII (Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia) mengungkapkan bahwa lebih 70 juta lebih pengguna internet Indonesia merupakan pengguna aktif social media asing tersebut. Menjamurnya jejaring sosial asing tentunya berdampak pada membengkaknya belanja bandwith internasional. Indonesia Data Center mencatat bahwa per tahun 2014 pengeluaran Negara untuk belanja konten asing tersebut mencapai 15 Triliun. Sebuah angka fantastis yang tiap tahunnya akan bertambah.

Bermula dari keresahan tersebut, Kwikku.com hadir sebagai sosial media lokal. Kwikku lahir dari buah kreatifitas 10 mahasiswa asal Malang yakni Hamdi Musaad, Ifa Alif, Catur Priyo, Agus Minanur dan ke enam tim Kwikku. Dengan hadirnya kwikku, Tim Kwikku berharap Indonesia dapat mandiri khususnya di ranah social media sehingga Indonesia tidak perlu impor bandwith untuk mengakses jejaring sosial asing.

Kwikku Web

Tampilan KWIKKU.COM

Kwikku merupakan jejaring sosial lokal berbasis popularitas. Selain terdapat berbagai fitur popularitas, setiap aktifitas yang dilakukan oleh pengguna juga mendapatkan apresiasi berupa rate dan token. Kwikku juga dilengkapi dengan fitur blogging. Dengan adanya fitur blogging, beranda menjadi lebih variatif dan informatif karena tidak hanya berisi status dan foto.

Para kreator kwikku juga mengungkapkan bahwa jika konten lokal dapat berkembang maka secara tidak langsung hal ini juga dapat berimbas pada semakin murahnya harga internet. Di tengah isu MEA 2015, tentunya masyarakat akan sangat antusias menyambut hadirnya karya lokal buah kreatifitas anak bangsa asli Indonesia.

Login kwikku

Menyajikan Konten Nusantara

Selain keunikannya yang mendukung popularitas para penggunanya, kwikku juga memiliki diferensiasi lain. Keunikan lain dari kwikku adalah kwikku dilengkapi berbagai bahasa daerah asli Indonesia. Kwikku juga dilengkapi dengan emotikon unyu yang bercita rasa nusantara. Emotikon tersebut meliputi kartun berbusana khas Indonesia, sapi hingga komodo.  Saat ini kwikku sudah memiliki lebih dari 60.000 pengguna terdaftar dan sudah tersedia di play store.

Kwikku juga telah mendapatkan dukungan dari Klik Indonesia. Klik Indonesia sendiri merupakan organisasi non profit yang mendukung tumbuhnya konten lokal di Indonesia sebagai usaha dalam menyongsong kemandirian bangsa di ranah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Meski baru dibentuk di akhir 2013 namun kwikku telah berhasil menyabet penghargaan level nasional seperti Increfest 2014 (Industry Creative Festival – Kementerian Perindustrian)., Cakrawala Awards 2014 (JITC dan Disperindag), Gemastik 2014 (DIKTI) serta Dinus Application Competition 2015.

Leave a Reply