Podcast Radio Makoswara Cita dengan tema “Emas di Balik Tumpukan Sampah”

Podcast Radio Makoswara Cita yang diadakan pada tanggal 17 Februari 2021 yang bertempatan di Bank Sampah Kota Malang

Narasumber pada podcast kali ini adalah Bapak Buddie Herianto, A.Par Kasi Penanganan Sampah Bidang Persampahan dan Limbah B3 DLH Kota Malang.

Sampah merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas manusia sehari-hari. Hampir semua yang digunakan berakhir dengan menghasilkan sampah dari ukuran kecil hingga besar. Seperti sampah sisa makanan, plastik kemasan, kertas, hingga sampah yang berbahan logam.

Kepala Seksi Penanganan Sampah, Bidang Persampahan dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Buddie Herianto mengungkapkan jumlah sampah di Kota Malang yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) dalam sehari sekitar 485 ton sampah. Dari jumlah tersebut, dilakukan penyortiran dan pengolahan sehingga sampah yang murni menjadi residu adalah 400 ton per hari.

Secara umum jenis sampah sendiri dari 3, yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan sampah spesifik/khusus. Sampah organik adalah sampah yang bisa diurai seperti sisa makan, daun, ranting, dan kayu. Sampah anorganik adalah sampah yang membutuhkan waktu lama untuk terurai dan mengandung sedikit limbah kimia sehingga berpotensi mencemari lingkungan seperti plastik, besi, kertas, logam, karet.

Dengan metode pengolahan sampah yang tepat dan penerapan inovasi, sampah bisa berubah menjadi berbagai macam hal yang kaya akan nilai guna. Seperti mengonversi sampah menjadi energi bahan bakar, mendaur ulang plastik hingga menjadi produk baru, serta mengolah sampah organik menjadi kompos atau pakan ternak. Selain dapat mengurangi volume sampah, hal ini tentunya berpotensi besar untuk memberi manfaat ekonomi.

Upaya pengurangan sampah dalam rangka pengolahan sampah bisa dilakukan mulai dari lingkup terkecil seperti tingkat rumah tangga. Bisa dimulai dengan melakukan pemilahan sampah organik atau anorganik di rumah. Untuk mendapatkan nilai ekonomi lebih dari sampah-sampah anorganik, di Kota Malang sendiri terdapat Bank Sampah (BSM) sebagai mitra Dinas Lingkungan Hidup.

“Bank Sampah siap memfasilitasi untuk menabung sampah yang telah dipilah dan dikumpulkan, baik perorangan atau berkelompok. Sistem yang digunakan sama halnya dengan bank konvensional, sehingga diharapkan bisa memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat dari menabung sampah”

Pewarta : Radio Makoswara Cita (Pemerintah Kota Malang)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.