Jumat, April 26, 2024
KIM KOTA MALANGUTAMA

PEMBEKALAN KIM DALAM MENGHADAPI LOMBA KIM AWARD I 2015

Jum’at 23/10/15, Dengan selesainya tahap I penganugerahan KIM Award Kota Malang 2015, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang Mengadakan rapat di Ruang Pertemuan Dinas Kominfo, Gd. A Lt. 4, Jl. Mayjend Sungkono Malang yang membahas tentang…… Teknis Grand Final Penganugerahan KIM Award 2015 yang akan dilaksanakan di Plaza Merjosari depan kantor Kelurahan Merjosari pada tanggal 31 Oktober 2015 mendatang.

Rapat ini dihadiri perwakilan dari Kecamatan Lowokwaru, Kelurahan Purwoagung dan masing masing KIM yang akan mengikuti lomba pada hari sabtu mendatang. KIM yang akan mengikuti lomba antara lain KIM Cendrawasih dari kelurahan Kasin, KIM Tlogomas dari Kelurahan Tlogomas dan juga KIM Purwoagung dari Kelurahan Purwantoro.

rpt
Rapat Grand Final KIM Award I

Pada rapat Pembina KIM Kota Malang Ir.H.Bambang Nugroho M.T. membahas tentang teknik lomba dan juga tata tertib yang dipakai pada perlombaan mendatang disini di jelaskan ada 4 (empat) teknik lomba dan 4 (empat) tata tertib serta lain-lain. Sebelum membahas tata tertib dari ketiga KIM ini diundi untuk menentukan meja yang sudah disediakan oleh panitia untuk meja A di tempati oleh KIM Tlogomas, meja B ditempati KIM Cendrawasih dan meja C ditempati KIM Purwoagung. Setelah pemilihan undian selesai dilanjutkan dengan pembahasan teknik lomba.

Untuk Teknik Lomba Meliputi :

  1. Babak Presentasi;
  2. Babak Pemanfaatan Media/Presentasi Blog dan Mading KIM;
  3. Babap Pengetahuan;
  4. Babak Visualisasi dan Komunikasi / Fragmen Dialog.

Untuk Tata Tertib Lomba Meliputi :

Babak I

  • Setiap kelompok (lewat juru bicaranya atau tiga bergantian) memperkenalkan media informasi KIM yang meliputi Informasi Potensi Wilayah, Unggulan, dan Aktivitas KIM di masyarakat serta prestasi yang dimiliki KIM
  • Setiap kelompok diminta untuk menunjukkan bentuk penggunaan media sekaligus media apa saja yang digunakan dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

Babak II

  • Pada H-7 (23 Okt 2015) pelaksanaan lomba, setiap kelompok akan diberi tema umum yang harus dikembangkan menjadi berbagai bentuk informasi (berita, artikel opini, dan lain-lain) dan ditampilkan dalam blog dan mading masing-masing kelompok.
  • Mading berbentuk print out digital printing dari setiap halaman blog dengan ukuran 1m x1m setiap halaman
  • Mading telah dikerjakan di sekretariat KIM masing-masing dengan tema

        – Pendidikan

        – Kesehatan

        – Lingkungan Hidup

        – Pelayanan Publik

        – Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

  • Semua tema tersebut wajib ada di media blog dan mading yang akan ditampilkan dalam babak presentasi blog/mading.
  • Pada saat presentasi, 2 (dua) orang dari tiap kelompok mempresentasikan konten blog melalui Mading KIM di depan Juri dan penonton. Sedangkan 1 (satu) anggota lain mengoperasikan blog sesuai dengan halaman blog yang sedang dipresentasikan.

Babak III

  • Pada sesi I, setiap kelompok akan mendapatkan pertanyaan wajib yang berhubungan dengan tema tertentu yang dipilih masing-masing peserta (tema beragam sesuai dengan petunjuk teknis). Jika kelompok tersebut tidak bisa menjawab, maka pertanyaan tersebut otomatis gugur dan tidak dilimpahkan ke kelompok lain.
  • Pertanyaan pada sesi I (Sesi Wajib) berupa pertanyaan uraian dengan jawaban bersifat naratif.
  • Setiap kelompok memiliki waktu sebanyak 60 (enam puluh) detik untuk menjawab pertanyaan pada sesi I
  • Nilai maksimal untuk Sesi I bagi tiap peserta adalah 100 dan dimungkinkankan untuk kurang dari nilai tersebut sesuai dengan kelengkapan jawaban masing-masing peserta.
  • Pada sesi II semua kelompok akan berlomba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rebutan dengan tema pertanyaan beragam sesuai petunjuk teknis.
  • Pertanyaan pada sesi II (Sesi Rebutan) berupa pertanyaan singkat dengan jawaban bersifat ringkas, padat dan jelas.
  • Pada sesi II, setiap peserta akan mendapat nilai 10 (sepuluh) jika benar dan minus 5 (lima) jika salah.

Babak IV

  • Setiap kelompok akan diberi contoh kasus pada H-7 (23 Oktober 2015) pelaksanaan Grand Final KIM Award I dan setiap KIM diminta untuk memvisualisasikan permasalahan dan solusi yang ditawarkan dari kasus yang diterima melalui dialog/fragmen yang diperankan anggota kelompok.

Lain-lain

  • Mempunyai blog yang terupdate sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.
  • Menyiapkan Mading (Print Out) sebagai alat peraga dalam mempresentasikan isi blog kepada Dewan Juri.
  • Peserta mengenakan pakaian daerah dan diperkenankan mengajak suporter dan membawa alat-alat tabuh untuk memeriahkan acara.
  • Pendukung (suporter) hanya diperkenankan untuk berpartisipasi pada Babak Keempat (Fragmen-Dialog) dan Yel-Yel/Parikan/Jula-Juli tiap kelompok yang dilaksanakan sebelum Babak Pertama dimulai.
  • Penilaian untuk seluruh babak dalam tahapan Grand Final KIM Award I Kota Malang Tahun 2015 sepenuhnya merupakan otoritas Dewan Juri yang terdiri dari unsur Dinas Kominfo Kota Malang, Dinas Kominfo Prov. Jatim dan Bakorwil Malang.

Besar harapan Pembina KIM Kota Malang setelah membahas teknik lomba dan tata tertib lomba selesai, untuk ketiga KIM yang akan tampil pada hari sabtu tanggal 31 Oktober 2015 bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga saat lomba akan semakin seru dan dapat menghibur tamu undangan maupun penonton/masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.