Sabtu, April 27, 2024

Forum KIM

Dengan memahami peran dan fungsi KIM yang strategis dalam mengelola informasi, maka penyebaran informasi kepada masyarakat harus dikelola dengan baik dan benar. Untuk mendapatkan informasi yang baik dan benar itulah, maka diperlukan kebersamaan dalam mengelola informasi di antara KIM yang ada di Kota Malang. Kebersamaan tersebut diwujudkan dalam bentuk Forum KIM Kota Malang.

Forum diperlukan untuk memberikan ruang gerak yang lebih luas dalam meningkatkan peran sebuah lembaga, sekumpulan orang, atau perorangan. Dengan adanya forum, komunikasi dapat berjalan secara maksimal di antara anggotanya karena adanya intensitas diskusi yang bisa dibangun secara konstruktif untuk memecahkan masalah bersama. Forum diartikan sebagai (1) a public meeting or assembly for open discussion, (2) a public facility to meet for open discussion, (3) a market place or public place in Rome, where causes were judicially tried, and orations delivered to the people.

Dalam kamus bahasa Indonesia Forum diartikan sebagai (1) lembaga atau badan, (2) sidang, (3) tempat pertemuan untuk bertukar pikiran secara bebas. Berdasarkan pertimbangan tersebut, maka sudah menjadi kebutuhan bahwa KIM yang ada di Kota Malang memiliki wadah yang mampu meningkatkan peran secara maksimal. Wadah itu diwujudkan dalam sebuah forum guna menjalin komunikasi untuk mendiskusikan berbagai permasalahan yang berkenaan dengan perkembangan KIM.

  1. TUJUAN FORUM KIM

Forum KIM dibentuk dengan tujuan sebagai berikut.

  1. Menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok.
  2. Mengenali cara pemecahan masalah.
  3. Membuat keputusan bersama.
  4. Melaksanakan keputusan dengan kerjasama.
  5. Mengembangkan jaringan informasi guna memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

 

  1. ASAS FORUM KIM

Pancasila, menjunjung tinggi objektivitas, keabsahan, dan keterbukaan informasi.

 

  1. VISI DAN MISI FORUM KIM 
  1. Visi Forum KIM

Terwujudnya KIM yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

  1. Misi Forum KIM

Adapun misi KIM, yaitu mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri, meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antaranggota masyarakat dan antara pemerintah dengan masyarakat, meningkatkan kemampuan anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi untuk mengatasi kesenjangan informasi, dan mengembangkan dan meningkatkan aktivitas KIM dalam mendayagunakan informasi guna meningkatkan nilai tambah masyarakat dan menyerap/menyalurkan aspirasi masyarakat.

 

  1. TUGAS POKOK DAN FUNGSI FORUM KIM
    1. Tugas Pokok Forum KIM
  • Mewujudkan KIM yang aktif, peduli, peka, dan memahami informasi.
  • Memberdayakan KIM melalui diskusi antaranggota, sehingga dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan bagi kepentingan pribadi, kelompok, masyarakat, dan bangsa.
  • Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dan arah antarkelompok/KIM maupun dengan pihak lainnya (pemerintah), sehingga tercipta kerjasama, kebersamaan, kesamaan, dan persatuan bangsa.
    2. Fungsi Forum KIM
  • Sebagai wahana informasi antaranggota Forum KIM, dari Forum KIM kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada KIM.
  • Sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik.
  • Sarana peningkatan literasi anggota Forum KIM dan masyarakat di bidang informasi dan media massa.
  • Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

 

  1. AKTIVITAS POKOK FORUM KIM

      Direktorat Kelembagaan Komunikasi Sosial, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, aktivitas pokok Forum KIM mencakup enam aktivitas yang biasa disingkat ADINDA, meliputi hal sebagai berikut.

  • Akses informasi, yaitu melakukan aktivitas untuk mengakses informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun tidak langsung.
  • Diskusi, yaitu setelah mengakses informasi kemudian hasilnya didiskusikan, tukar-menukar informasi, dan pemecahan masalah.
  • Implementasi, yaitu menerapkan dan mendayagunakan pengetahuan atau informasi yang telah diperoleh dari proses diskusi.
  • Networking, yaitu jaringan kelembagaan yang merupakan hubungan dengan kelompok/lembaga/instansi secara teratur dalam rangka tukar-menukar informasi dan pengalaman dalam rangka mendayagunakan informasi.
  • Diseminasi informasi, yaitu menyebarluaskan informasi dilakukan bila informasi itu sudah diolah kemudian disebarluaskan informasi ke lingkungan sekitar.
  • Aspirasi, yaitu menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

 

  1. KEDUDUKAN DAN SIFAT 
  1. Bersifat mandiri (bebas, tidak terkait dengan kepentingan politik apapun) dan swadaya.
  2. Dana operasional dan kesejahteraan Forum KIM diperoleh dari kegiatan usaha yang dibangunnya.
  3. Forum KIM memerlukan pengakuan/pengukuhan dari masyarakat dan lembaga pemerintah, dari tingkat desa/kelurahan/kecamatan/kota/provinsi.
  4. Forum KIM bekerjasama dengan Telecenter di Kota Malang sebagai tempat dan sarana mengetahui dan memperoleh informasi yang diperlukan anggota forum KIM.
  5. Forum KIM dapat berfungsi sebagai Pusat informasi yang memiliki basis data (tulisan tangan ataupun disusun dengan teknologi informasi) yang dapat diakses oleh anggota Forum KIM.
  6. Forum KIM dapat mengembangkan diri sebagai lembaga pengguna atau pengelola layanan informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain menggunakan jaringan internet.
  7. Untuk memberikan landasan dan arah gerak KIM perlu memiliki AD/ART.

 

  1. PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN MASYARAKAT INFORMATIF
  1. Penguatan iman dan taqwa
  2. Kapasitas multipliying effect (ekonomi, sosial, dan budaya)
  3. Filtering skills ( faktual, objektif, dan nonpartisan)
  4. Pemberdayaan lintas sektoral secara sinergis
  5. Keterampilan kepemimpinan dan manajerial
  6. Loyalitas dan berwibawa
  7. Jujur dan bertanggungjawab
  8. Sukarela dan gotong royong
  9. Penguatan peran (motivator, mobilisator, dinamisator, fasilitator, dan tutor).
  10. Disiplin pelaporan
  11. Transparansi dan akuntabiltas

 

  1. METODE-METODE PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INFORMATIF 1. Pengolahan informasi.
  • Mendengarkan, memirsa, mendiskusikan
  • Menganalisa
  • Menyebarkan informasi2. Koordinasi kegiatan.
  • Tim pembina kegiatan.
  • Keterpaduan program antarwilayah, sektor, dan tingkatan secara berjenjang
  • Mekanisme dan prosedur pemberdayaan
  • Multimetode kegiatan pengelolaan informasi dan komunikasi.
  • Media massa (cetak, audio/audio visual, dan elektronika)
  • Tatap muka (penyuluahan, ceramah, FGD, brainstorming)
  • Media tradisional/ konvensional
  • Media sosial internet
  • Media konvergensi

 

  1. TEKNIK-TEKNIK PEMBERDAYAAN MASYARAKAT INFORMATIF
  1. Studi banding
  2. Diseminasi informasi
    • Workshop, temu wicara, sarasehan, lokakarya
    • Anjangsana
    • Diskusi, Dialog
    • Widyawisata
  3. Pendidikan dan latihan
  4. Advokasi (litigasi, paralegal)
  5. Mediasi
  6. Konsultasi/Konseling

 

10. HUBUNGAN KELEMBAGAAN 

  1. Forum KIM tidak memiliki hubungan hirarki dengan pemerintah.
  2. Forum KIM memiliki hubungan kesetaraan dengan media informasi lainnya dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat.
  3. Forum KIM sebagai mitra kerja pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan seluruh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.