Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional Tahun 2015

jj8
Pembukaan Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional Tahun 2015

Senin, 17 November 2015, telah digelar sebuah acara “Temu Bakohumas dan Komunitas Tingkat Nasional Tahun 2015” yang diselenggarakan di Dyandra Convention Center, Surabaya.

Acara ini dibuka langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Prof. Dr. H. Yuddy Crisnandi, ME. Dalam sambutannya beliu mengungkapkan bahwa sesuai dengan amanat Presiden RI, Joko Widodo, mengenai penunjang keberhasilan Kabinet Kerja untuk menyerap aspirasi publik serta percepatan penyampaian informasi tentang kebijakan dan program pemerintah, diperlukan kerjasama dari aparat pemerintahan.

“Diharapkan para Menteri Kabinet Kerja, Sekretaris Kabinet, Kepolisian Negara RI, Jaksa Agung, Pangkima TNI, Badan Intelijen Negara, Kepala Lembaga Pemerintah non Kementetian, Para Gubernur dan Bupati atau Walikota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk menyamapaikan data dan informasi kepada menteri Kominfo secara berkala demi mendukung pelaksanaan komunikasi publik,” ungkap putra kelahiran Kota Bandung 29 Mei 1968 tersebut.

Selain itu, dengan adanya komunitas yakni KIM dapat membatu menyebar luaskan narasi tunggal dan data pendukung lainnya yang disusun oleh Kominfo terkait dengan kebijakan dan program pemerintah kepada publik.

Menyampaikan setiap kebijakan dan program Pemerintah secara lintas daerah melalui berbagai saluran komunikasi secara cepat dan tepat, obyektif, berkualitas baik, berwawasan nasional dan mudah dimengerti oleh masyarakat.

images
Peserta Kegiatan Temu Bakohumas dan Komunitas dari seluruh Indonesia

Selanjutnya Prof. Dr. H. Yuddy Crisnandi, ME. mengharapkan kepada Bakohumas di seluruh Indonesia untuk menggunakan media iklan layanan masyarakat yang memenuhi persyaratan dalam penyamapian infomasi kepada masyarakat. Yakni iklan yang menimbulkan respon positif dari masyarakat dan tidak menayangkan kepentingan pribadi maupun golongan.

Aparatur Sipil Negara (ASN) khusunya Bakohumas harus mampu berperan sebagai garda terdepan dalam Gerakan Nasional Reformasi Mental. Untuk itu harus mengetahui, memahami dan menumbuh kembangkan nilai-nilai reformasi mental dalam tugas kehumasan dan kehidupan sehari hari. Nilai nilai reformasi mental yakni nilai integritas, etos kerja dan gotong royong. Demikian dalam mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Rudiantara, dalam sambutannya yang disampaikan melalui teleconference atau live streming mengatakan bahwa tantangan kehumasan kedepan jauh lebih berat.

“Hal tersebut dikarenakan keterbatasan SDM dan dengan perkembangan teknolofi yang cukup pesat saat ini yakni dari media cetak bergeser ke media elektronik dan saat ini mulai merambah media online,” ungkapnya.

Oleh karena itu Kominfo membuat suatu program untuk menjawab perkembangan jaman. Rencananya akan mengadakan pelatihan intensif untuk meningkatkan kemampuan pranata humas kementerian/lembaga pada tahun 2016. Sehingga pranata Humas mampu mengkomunikasikan kebutuhan informasi bagi masyarakat.

Mantan Chief Operating Officer PT Telekomindo ini juga berharap semoga pertemuan Bakohumas ini bermanfaat bagi peserta khususnya dalam mengemban tugas sebagai pranata kehumasan di instansinya masing-masing.

Temu bakohumas dan KIM
Pameran Kehumasan

Menurut Kepala Dinas Kominfo Provinsi Lampung, Sumarju Saeni, pertemuan Bakohumas dan Komunitas Nasional Tahun 2015 diikuti oleh seluruh Kementerian/Lembaga juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi di Indonesia.

Disamping acara diskusi tentang Inpres No. 9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, acara ini juga menampilakn pertunjukan kesenian rakyat oleh beberapa provinsi, penganugrahan media humas dan penyerahan piala Festival Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional.

Dan pada sesi acara tersebut, digelar pula pameran kehumasan yang diikuti oleh Kementeian/Lembaga dan utusan dari beberapa Provinsi di Indonesia.

Diinformasikan juga hadir dalam acara tersebut Menteri PANRB, Yuddy Crisnandi; Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifulloh Yusuf; Tenaga Asistensi Menkominfo Bidang Komunikasi Publik, Freddy H.Tulung; Direktur Komunikasi Publik, Tulus Subardjono; dan Direktur Pengelolaan dan Penyediaan Informasi, Siti Meiningsih. Nampak hadir juga Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Drs. Dodi Riyadmadji,MM. (**)

Tinggalkan Balasan