Informasi ke Publik Hendaknya Satu Pintu

Menjalin hubungan dengan media massa sangatlah mudah, kuncinya hanya jangan sekali-kali mencoba untuk menipu atau memberikan informasi yang tidak benar kepada wartawan. Karena cepat atau lambat justru akan bisa merusak kredibilitas instansi atau lembaga itu sendiri.
Hal itu diungkapkan Mahbub Junaidi, salah satu narasumber dalam kegiatan Kemitraan Media Massa ‘Keterbukaan Informasi Publik’ yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang di Hotel Trio Indah 2, Kota Malang, Kamis (23/10).
Mahbub yang merupakan  anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Timur mengatakan jangan berpikir media akan mengutip mentah-mentah informasi yang ada. Wartawan pasti akan mengecek kebenaran dengan membandingkan informasi dari sumber-sumber lain.
“Informasi yang disampaikan ke publik sebaiknya melalui satu pintu, bisa menunjuk atau mengangkat seorang juru bicara yang lazim disebut sebagai humas,” jelas Mahbub, Kamis (23/10).
Jangan pernah menganggap media sebagai musuh, harus diupayakan sebagai mitra atau partner dalam kegiatan instansi/lembaga sehingga terjalin hubungan yang sinergis dan saling menguntungkan. “Kembangkan hubungan salin menguntungkan, anda butuh publikasi dan wartawan perlu informasi,” terang Mahbub.
Mahbub menambahkan, yang perlu dilakukan adalah memberi informasi, mewadahi, dan selanjutnya biarkan wartawan yang mengambil sikap sesuai dengan tugas yang diambil. Dimana dalam menjalin hubungan dengan media bisa dibangun melalui dua bentuk relasi yakni relasi tugas dan relasi pribadi.
Di era Teknologi Informasi (TI) saat ini, peran media massa sangat penting hampir di semua aspek kehidupan manusia. Sebagai sarana komunikasi dan penyaji informasi memanfaatkan media massa untuk beragam kepentingan.
Secara sederhana media massa bisa dibagi tiga yaitu media cetak (koran, majalah, buletin, tabloid), media elektronik seperti televisi dan radio, dan yang terakhir media massa internet (online media, cyber media) yaitu media massa yang bisa kita temukan di internet. (cah/yon)

Tinggalkan Balasan