Kelurahan Sukun Bentuk KIM dan Pacu Peran Pemuda

KELURAHAN SUKUN – Guna memfasilitasi Lembaga Kemasyarakatan, Kelurahan Sukun menggelar Kegiatan Pembinaan dan Fasilitasi Karang Taruna serta Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Kantor Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Kota Malang, Jumat (13/3/2020) malam.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Lurah Sukun Bpk. Lalu Efendi Hidayat didampingi Narasumber Ibu Febrian Retnosari dari Diskominfo Kota Malang dan Ibu Habibah dari Disporapar Kota Malang, serta Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukun.

Dalam kesempatannya, Lurah Sukun menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi pemuda dalam bidang kemasyarakatan. “Tahun 2019 Diskominfo sudah mensosialisasikan KIM di Kelurahan Sukun, dan tahun ini akan diimplementasikan mengingat KIM merupakan mitra Kelurahan dalam mengelola arus informasi” imbuhnya. Lurah berharap agar peran pemuda bisa mewarnai KIM Kelurahan Sukun setelah terbentuk nanti, dengan inovasi dan kreatifitas yang dimiliki.

Acara semakin menarik dengan paparan para narasumber, yakni Ibu Habibah yang menjelaskan terkait kepemudaan meliputi sejarah kepemudaan, regulasi yang menangui, kewirausahaan, keterkaitan hubungan karang taruna dengan Disporapar Kota Malang.

Disambung Ibu Febrian Retnosari yang memaparkan tata cara pembentukan KIM hingga penerbitan SK dan bagaimana KIM bekerja nantinya. “setidaknya ada 3 bidang utama dalam KIM, yaitu bidang pengumpulan data/informasi, bidang pengelolaan data/informasi, bidang penyebaran data/informasi” tuturnya. Tak lama setelah paparan usai, Pembentukan KIM Keluraham Sukun langsung dilakukan. Dipimpin Sekretaris Lurah dan hadir perwakilan seluruh Lembaga Kemasyarakatan di wilayah setempat, proses pemilihan Ketua dan pengurus terlaksana secara demokrasi. Malalui proses yang singkat pula telah terpilih Bpk. Bayu Satrio (Ketua RW.08) sebagai Ketua KIM Kelurahan sukun Periode 2020 – 2023.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.