KIM Kota Malang dalam acara Kopilaborasi dengan tema ‘Kontribusi Industri Hulu Migas di Jawa Timur Untuk Pembangunan Daerah’

KIM Kota Malang – Dinas Kominfo Provinsi JawaTimur mengadakan acara KOPILABORASI dengan tema “Kontribusi Industri Hulu Migas Di Jawa Timur Untuk Pembangunan Daerah” dengan peserta acara adalah pegiat media sosial, anggota RAPI dan ORARI serta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Malang dan Batu bertempat di Golden Tulip Resort Hotel Batu pada Jumat, 29 Januari 2021 pk. 13.00 Wib sd selesai. Dengan menghadirkan tiga narasumber, yakni Sekretaris Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur, Ir Didik Agus Wijanarko, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa , Ir Nur Wahidi, serta praktisi media online, Dwi Eko Lokolonto.

Upaya dilaksanakannya acara ini adalah untuk mengedukasi masyarakat supaya memahami yang benar tentang hulu migas. Dikarenakan migas merupakan industri unrenewable atau tidak dapat diperbarui, sehingga perlu dilakukan upaya – upaya eksplorasi di tempat lain untuk menjaga ketersediaan pasokannya

Sementara Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa , Ir Nur Wahidi, mengatakan adanya industri hulu migas di suatu daerah selalu turut menopang pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Dia menjelaskan, dampak langsung keberadaan industri hulu migas bagi daerah termasuk mencakup dana bagi hasil (DBH) migas yang sudah diatur dalam perundang-undangan, jatah hak partisipasi (participating interest/PI) sebesar 10 persen, pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD), terciptanya bisnis penyedia barang dan jasa lokal, penyerapan tenaga kerja lokal, dan adanya tanggung jawab sosial.

Menurut Sekretaris Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, Ir Didik Agus Wijanarko, edukasi yang positif terkait manfaat kegiatan migas kepada masyarakat menjadi sangat penting, karena masih ada beberapa penolakan masyarakat terhadap kegiatan eksplorasi yang dilakukan.

Pimpinan Redaksi Media on line Beritajatim.com, Dwi Eko Lokolonto, juga menambahkan, langkah edukasi dan sosialiasi di lintas Sektoral yang dilakukan baik oleh SKK migas dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini Dinas ESDM akan menjadikan masyarakat lebih ramah terhadap eksplorasi industri migas itu sendiri.

KIM Kota Malang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.