Live Streaming, Peran KIM dalam Penanganan Covid-19 di Kota Malang

INFOKIM – Mewabahnya covid 19 membuat seluruh elemen masyarakat di Kota Malang turut bergerak melakukan pencegahan dan perlawanan, salah satunya adalah Kelompok Informasi Masyarakat yang lebih akrab disebut KIM.

Kamis (14/5/20), Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang menggelar Talkshow Live Streaming Radio Makoswara Cita dengan tema “Peran Serta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam Penanganan Covid-19 dan Citizen Journalism”. Kegiatan berdurasi satu jam (10.00 WIB – 11.00 WIB) ini menghadirkan narasumber Pantjawati Yustikarini selaku Ketua Forum KIM Kota Malang dan Kuncoro Puspito selaku Ketua KIM Gerabah Kelurahan Penanggungan. Sedangkan penyiar diperankan oleh Andre WK dari KIM Samaan.

Dalam perbincangannya, Pantjawati menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah ada 21 KIM di Kota Malang yang memiliki peran luar biasa khususnya ditengah wabah virus corona ini. “dengan jiwa sosialnya yang tinggi terus memberitakan informasi-informasi yang dibutuhkan masyarakat”, ungkapnya.

Salah satunya adalah KIM Gerabah Kelurahan Penanggungan yang turut hadir di studio Makoswara Cita. Kuncoro mengawali perbincangan dengan menceritakan asal mula kata Gerabah sebagai nama KIM yang ia pimpin, ternyata kata gerabah berasal dari potensi ekonomi masyarakat setempat yakni kerajinan gerabah. “biar orang lebih mengenal penanggungan sebagai kampung gerabah” tegasnya.

Peran KIM Gerabah sejauh ini sangat banyak dalam membantu pemerintah menangani covid-19. Dengan gebrakannya bersama Lembaga Masyarakat lainnya, posko cobid-19 Kelurahan Penanggungan telah didirikan dan rutin melaksanakan kegiatan” seperti penyemprotan disinfektan, pembagian sembako dan lain sebagainya. Peran KIM disini sangat penting dalam memberitakan aktifitas posko kepada masyarakat, jelas Kuncoro.

Selanjutnya, tayangan live streaming ini bisa disaksikan luas oleh masyarakat melalui link malangkota.go.id/radio dan channel youtube Pemkot Malang, agar lebih mengetahui lebih luas terkait perbincangan bersama KIM Kota Malang.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.