Fasilitasi dan Penguatan Kelompok Informasi Masyarakat KIM Kayutangan

KIM Kota Malang – Dalam rangka fasilitasi dan penguatan Kelompok Informasi Masyarakat KIM Kayutangan dari Kelurahan Kauman, diselenggarakan kegiatan Workshop Penulisan Berita Menarik Dengan Berita Update bertempatan di Aula Kelurahan Kauman Kamis (25/11/2021).

Kegiatan dibuka oleh Lurah Kauman Agus Sartono sekaligus menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang telah menyempatkan hadir pada kegiatan yang berhubungan dengan salah satu potensi di Kelurahan Kauman ini yaitu ‘KIM’. Agus mengatakan, “KIM adalah kelompok yang muncul dari, oleh dan untuk mereka. Maka ada nuansa kemandirian di dalam kelompok ini. Yang bisa dilakukan adalah dengan cara bersinergi satu sama lain dan bekerja sama antar anggota kelompok dalam menyebarkan informasi,” ungkapnya.

Kepala Seksi Kemitraan Komunikasi dan Informasi Publik Febrian Retnosari, S.Sos, M.Si yang hadir sebagai narasumber pada kegiatan kali ini juga menjelaskan, KIM sebagai wartawannya Kelurahan, yang tugasnya melakukan diseminasi informasi kepada masyarakat. Febrian mengatakan, “KIM disini berbasis potensi wilayah. Jika ada kegiatan di Kelurahan disitu tugas KIM untuk memberitakan informasi kepada masyarakat kelurahan,” pungkasnya. Febrian beserta Diskominfo Kota Malang berharap, KIM untuk lebih memanfaatkan teknologi yang ada secara bijak. KIM tidak boleh menyebarkan informasi yang tidak jelas/hoaks.

Dilanjutkan oleh Endrita Agung Wicaksono selaku Pegiat Sosial Media yang turut hadir juga di kegiatan ini sebagai narasumber. Dalam paparannya, Endrita menyampaikan materi mengenai dasar-dasar dari pemberitaan. Endrita menjelaskan, di dalam pembuatan sebuah berita harus menarik, sehingga orang-orang bisa melirik postingan kita. Endrita menambahkan, “Berita bisa maksimal apabila kita ‘Think Out Of The Box’, bagaimana kita bisa memberitakan atau menginformasikan sesuatu hal dengan sudut pandang yang berbeda,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.