Jadi Motor Penggerak Ekonomi, Kelurahan Siapkan Pelatihan UMKM

KIM Lowokwaru, Lowokwaru – Kelurahan Lowokwaru gelar pelatihan UMKM melalui bantuan dana pokir Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono, S.T.P.. Pelatihan bagi pelaku UMKM di Kelurahan Lowokwaru diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari Selasa, 13 September 2022 hingga Kamis, 15 September 2022.

Bapak Trio menyampaikan bahwa selama ini banyaknya dana pokir hanya terfokus pada sarana dan prasarana saja, seringkali pelatihan yang juga perlu dan penting dikesampingan. Sehingga, untuk anggaran dana pokir, beliau lebih memilih untuk mengalokasikan dalam bentuk pelatihan yang juga diperlukan bagi pelaku UMKM.

Selama 3 hari, tema pelatihan yang dihadirkan berbeda-beda. Hari pertama, tema pelatihan adalah kewirausahaan dengan subtema Bisnis Mindset yang disampaikan oleh Liliyan Puspita Ningrum dan Digital Marketing oleh Mohammad Nur Amrullah. Hari kedua, pelatihan tentang Branding Sosial Media yang dipaparkan oleh Wawan Suktiawan. Dan untuk hari terakhir, cooking class, yang disampaikan oleh Dewi Kurniawati.

Pelatihan bagi usaha mikro ini diikuti oleh sekitar 40 peserta setiap harinya, dengan peserta yang berbeda. Pelatihan ini selaras dengan data yang saat ini KIM Lowokwaru kerjakan. Peserta yang hadir dipilih dan diundang langsung melalui data yang telah dikumpulkan dan diperbarui.

Menurut Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Lowokwaru, peserta dipilih langsung dari data yang dimiliki oleh KIM Lowokwaru untuk menyesuaikan peserta dengan tema pelatihan yang ada. “Selama ini peserta pelatihan yang diundang pelatihan di Kelurahan Lowokwaru hanya terbatas itu-itu saja, karena kelurahan sendiri terbatas dengan data. Dengan adanya pemutakhiran data seperti ini, data yang valid karena langsung ke warga, pihak Kelurahan jelas bisa memilih peserta yang sesuai dengan tema pelatihan,” terang Ibu Dita, Kasi PM Kelurahan Lowokwaru.

Harapannya, dengan pelatihan yang akan diadakan di Kelurahan Lowokwaru, para pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuan peserta, juga ilmu yang didapat dapat meningkatkan nilai jual untuk produk UMKM tersebut.

Pewarta : KIM Lowokwaru

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.