Launching Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo

POTENSIWILAYAH – Luar biasa kalau dibilang warga RW 10 Bunulrejo, dengan semangat gotong royong, kreativitas dan mensukseskan wilayahnya untuk menjadi RW Mbois terlaksana dengan baik pada Launching Kampung Edukasi Batik RW 10, suatu hal yang luar biasa adalah terlaksana acara murni swadaya masyarakat tanpa dukungan pemerintah kota.

Bila melihat kondisi warga tentu tidak akan menyangka bahwa RW 10 bisa kreatif, karena berdasarkan data demografi dari total 29.715 jiwa penduduk Kelurahan Bunulrejo, RW 10 termasuk dalam rentang mayoritas usia lansia, dengan di launching Kampung Edukasi Batik RW 10 ini membuktikan bahwa banyak potensi super kreatif dari warga RW 10.

Peresmian ini merupakan wujud konsep Kampung KB Mbois Bunulrejo dalam mendorong ekosistem industri Kreatif Batik berbasis sejarah 1085 tahun Bunulrejo di RW 10, capaian ini mendapatkan apresiasi dari bapak camat Blimbing Drs. Muarib M.Si yang hadir memberikan sambutan dan meresmikan berdirinya Kampung Edukasi Batik RW 10.

Camat Blimbing didampingi oleh ketua TP PKK kecamatan dan ibu lurah Bunulrejo Dra. Yuke Siswanti, M.Si dan seluruh kelembagaan kemasyarakatan di Bunulrejo. Bicara potensi Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo yang menjadi sentra produksi dan penjualan batik, mempunyai galery Batik Tirto Telogo, Rumah Kreatif Batik, Taman Batik, Rumah Ukir, Sanggar Seni Budaya Nusantara “Gumelaring Sasongko Aji”, Rumah Ukir, kuliner khas RW 10 Bunulrejo yaitu sinom dan aneka kuliner lainnya.

Kualitas Batik Tirto Telogo tidak perlu diragukan, sebagai Batik Tulis yang telah diolah dari khazanah sejarah pada 935 Masehi merupakan semangat yang luar biasa dari perajin batik tulis Bunulrejo dalam membangun produk budaya untuk terus dilestarikan. Mbois People ingin menikmati suasan Kampung Batik yg merupakan sentra batik, disinilah tempatnya, bagaimana belajar membatik dirumah warga, mau belajar karawitan juga ada, sekolah dalang, belajar ukir, belajar melukis, akhirnya RW 10 memang merupakan kampung budaya yg terangkai dalam Kampung Edukasi Batik RW 10 Bunulrejo.

Pewarta : KIM Mbois Bunulrejo

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.