Warga Bareng Kembangkan Kerajinan dari Bambu

Kelurahan Bareng memiliki banyak potensi UMKM yang cukup menarik. Salah satunya yakni produk kerajinan tangan baling-baling dari bambu yang diproduksi di wilayah RT.05 RW.02. Bpk. Budiono namanya, pengrajin bambu yang sudah 20 tahun menekuni bisnis ini.

Bambu diolah menjadi mainan anak-anak berupa baling-baling yang bisa diterbangkan. Sedangkan bagian bambu yang digunakan adalah kulit bambu dan batangnya. Hasil kerajianan ini sudah tembus hingga ke luar Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur. Mayoritas peminat adalah dari kalangan anak-anak.

Selain itu, Pak Budi menjual hasil kerajinannya secara pribadi pada event tertentu sampai ke luar Kota.

Inovasi terus dilakukan untuk membuat lebih menarik produknya dan mengikuti perkembangan zaman. Saat ini, mainan baling-baling bambu dimodifikasi dengan menambahkan aksesoris berupa lampu sehingga bisa diterbangkan pada malam hari. “Bermodal Niat, Tekad dan Ketekunan dalam berusaha pasti akan membuahkan hasil yang maksimal” menjadi motto Pak Budi dalam mengembangkan bisnis.

KIM Obama berharap “Semoga kerajinan kreatif Bpk. Budiono yang sudah dijalani lama sekali bisa menjadi alternatif untuk Kampung Tematik di Kelurahan Bareng”.

Pewarta KIM Obama

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.